Jumat, 12 Desember 2014

Cara Membuat Rumput 3 Dimensi

Membuat rumput 3 Dimensi kini semakin mudah dilakukan dengan aplikasi software 3 Dimensi. Anda dapat menggunakan aplikasi 3ds max misalnya. Namun fitur untuk membuat rumput ini, baru tersedia di 3ds max versi 8 keatas (di versi 7.5 sebenarnya sudah tersedia, hanya saja prosedur penginstalannya agak sedikit panjang. Disarankan Anda menggunakan 3ds Max versi 8 keatas). Fitur tersebut bernama Hair and Fur. Fitur ini tidak saja berfungsi untuk membuat rumput, namun sesuai dengan namanya, dapat juga membuat rambut dan bulu 3 Dimensi. Dengan adanya fitur ini, objek rumput yang dibuat akan tampil lebih nyata dan realistik.



Cara membuatnya:

1. Pada Command Panel, klik tab Create>Geometry>Plane 
 

2. Buka rollout KeyboardEntry dan Anda isikan nilai seperti petunjuk gambar dibawah. Lalu klik tombol Create 
 


3. Buka tab Modify 
 


4. Di rollout Parameters, Anda isi nilai parameter seperti petunjuk dibawah. 
 


5. Klik kotak warna seperti pada gambar dibawah 
 

6. Pilih warna coklat dan tekan tombol OK 
 


7. Klik kotak bertuliskan Modifier List (seperti pada petunjuk dibawah) 
 


8. Klik pilihan Hair and Fur (WSM)
 


9. Buka rollout Material Parameters dan ubah warna pada Tip Color menjadi warna hijau muda dan Root Color menjadi warna hijau tua 
 

10. Memilih warnanya seperti pada panduan gambar berikut
 


11. Setelah selesai, Anda klik menu Rendering>Render 
 

12. Klik tombol Render 
 

13. SIMSALABIM!! Sekarang Anda sudah punya halaman sendiri.. ;)
 
Rumput Sintetis ala Aditya , Bisa buat main Sepak Bola... Gratis
Selamat mencoba.
Tutorial ini diarsipkan di ilmugrafis pada kategori 3DS Max
Semoga bermanfaat. Salam.

Sumber : http://www.ilmugrafis.com/ (  Aditya Kryoadi )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar